Headlines News :
Home » , » Target, Semua Kecamatan Ada KSB

Target, Semua Kecamatan Ada KSB

Written By berita agam on 24 September 2013 | 10:31:00 AM

Agam, Padek—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam menargetkan tahun 2014 di 16 kecamatan yang ada di Agam telah memilik Kelompok Siaga Bencana (KSB). Sebagai daerah rawan ben­cana, keberadaan kelompok ini diha­rapkan bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam membantu penang­gu­langan bencana alam di Agam.

Kepala BPBD Agam, Bambang Warsito mengatakan, sejak tahun 2010 lalu, baru ada empat KSB yang terbentuk di empat keca­matan yang ada di Agam. Kelompok tersebut dinilai masih sangat minim mengingat Agam merupakan daerah yang rawan bencana.

“Empat KSB yang ada saat ini ada di Ke­camatan Candung, Kecamatan Tan­jung­mutiara, Kecamatan Malalak dan Kecamatan Am­pek­nagari. Dari KSB tersebut, hanya dua yang aktif, yaitu di Candung dan Tanjung­mutiara. KSB Malalak dan Ampeknagari akan segera kita maksimalkan,” kata Bambang Warsito.

Dalam penanggulangan bencana, peran KSB sangat penting sebagai perpanjang tangan pemerintah membantu korban ben­cana. Maka dari itu, BPBD menargetkan pada tahun 2014 KSB telah dibentuk di seluruh Kecamatan Agam.

“Kita sudah surati pihak kecamatan untuk segera memberdayakan masyarakat setem­pat membentuk KSB. KSB ini sangat mem­bantu pemerintah saat terjadi bencana. Terkadang, kelompok ini lebih dulu tahu data-data bencana karena sudah ada di lapangan,” akunya. (cr3)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger