Headlines News :
Home » , , , » Pasar Bukittinggi bakal Direvitalisasi

Pasar Bukittinggi bakal Direvitalisasi

Written By berita agam on 24 September 2013 | 10:52:00 AM

Bukittingggi, Pemerintah Kota Bukittinggi merencanakan untuk membangun pasar modern, terutama untuk Pasar Atas dan Pasar Bawah, yang akan dibangun bertingkat. Pasar Bawah dibangun tiga tingkat dan Pasar Atas dua tingkat. 

Pembangunan pasar modern itu, seperti untuk Pasar Bawah akan dilengkapi dengan lift, namun sistem jual beli masyarakat tetap cara tradisional. Cuma saja, pihak pemko belum bisa memastikan kapan dilaksanakan pem­bangunan dua pasar itu.

Meski begitu, hingga kini sudah dilakukan sosialisasi, pendataan pedagang dan peren­canaan oleh masing-masing SKPD terkait. Seperti diakui Sekretaris Dinas PU Kota Bukittinggi, Dedi Safrizal, untuk tahun 2013 ini sudah dianggarkan perencanaannya. 

Kapan dilaksanakan pembangunannya, belum bisa dipastikan, bisa saja tahun 2014 depan, atau tahun 2015 mendatang. Sebab, sampai sekarang sedang dilakukan peren­canaan dan pendataan pedagang terkait berapa jumlah toko atau kios yang akan dibangun nantinya. 

“Rapat pertama baru saja kita lakukan beberapa waktu lalu, itu menyangkut soal pendataan pedagang,”kata Dedi Safrizal, Kamis (19/9). Dengan dibangunnya Pasar Bawah tiga tingkat dan pasar atas dua tingkat, maka kedua dua pasar ini dapat terhubung langsung melalui jembatan penghubung.

Untuk membangun Pasar Bawah dan Pasar Atas Kota Bukittinggi, pemko harus meminjam dana dari Kementerian keuangan RI. “Seka­rang kita sedang mengurus semua keleng­kapan syarat-syarat pengajuan pinjaman kepada Kementerian Keuangan, sehingga kita bangun pasar ini dengan dana Pemerintah bukan swasta,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bukittinggi, Harma Zaldi, yang dihubungi terpisah, menga­takan, rencana revitlisasi Pasar Atas dan Pasar Bawah tersebut, baru sebatas wacana dan masih dalam tahap pembahasan pada level instansi terkait. 

Namun, kapan realisasi revitalisasi Pasar Bawah dan Pasar Atas tersebut, saat ini belum dapat dipastikan. Karena hal itu merupakan kewenangan wali kota untuk memutuskannya, kapan rencana revitalisasi pembangunannya bisa terlaksana.

Karena menurut Harma Zaldi, revitalisasi butuh kajian yang serius dan mendalam dari segala sektor, terutama dari segi anggaran, karena membutuhkan dana yang sangat besar, dan dari mana sumber anggaranya.

Relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di Pasar Lereng, Pasar Atas dan Pasar Bawah, juga tidak terlepas dari sisi pe­rekonomian yang saling berhubungan, dalam mendorong tumbuhkembang PKL setiap tahunnya, yang cendrung meningkat 5 sampai 6 persen, juga perlu dipikirkan solusinya. (rul)

Padang Ekspres
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger