Headlines News :
Home » , , , » Khasiat Madu dan Kayu Manis

Khasiat Madu dan Kayu Manis

Written By berita agam on 28 Juli 2011 | 8:14:00 AM

Khasiat madu dan kayu manis secara pengobatan herbal dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan sudah menjadi penelitian para ilmuwan terutama kandungan khasiat dari madu, begitupun khasiat dari kayu manis yang sudah digunakan secara tradisional sebagai obat atau jamu dalam kehidupan sehari-hari. Lalu bagaimana jika kedua herbal tersebut dicampurkan menjadi ramuan untuk mengobati berbagai penyakit. Maka kita akan mendapati khasiat madu dan kayu manis yang tidak diragukan lagi.

Khasiat Kayu Manis

Kayu manis adalah  rempah-rempah dalam bentuk kulit kayu yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kesehariannya. Selain sebagai penambah cita rasa pada masakan dan pembuatan kue, tapi juga dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional maupun bermanfaat untuk kecantikan.

Sifat kimia kayu manis ialah hangat, pedas, wangi, dan sedikit manis. Sementara itu, kandungan kimianya antara lain minyak atsiri, safrole, sinamadehide, eugenol, tanin, damar, kalsium oksanat, dan zat penyamak. Tanaman ini sangat cocok diusahakan di daerah beriklim tropis dengan curah hujan 2.000-3.000 mm per tahun dengan kelembahan udara yang tinggi dan musim kering yang pendek.

Khasiat Madu

Madu merupakan cairan alami yang biasa dikonsumsi sebagai minuman sehat alami, pengobatan tradisional, pengobatan herbal dan bisa juga digunakan sebagai pengobatan luar seperti luka, sariawan dan lain-laian. 

Secara kimia madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas madu bunga dan serbuk sari yang dikonsumsi lebah. Di samping itu di dalam madu terdapat pula tembaga, yodium dan seng dalam jumlah yang kecil, juga beberapa jenis hormon.

Khasiat Madu dengan Kayu Manis

Dengan melihat keunggulan dan khasiat pada madu dan khasiat pada kayu manis, maka dengan mencampurkannyapun akan menjadi penyembuhan yang berkhasiat tinggi. berikut beberapa ramuan dari khasiat madu dan kayu manis.

1. Mampu meningkatkan sistem kekebalah tubuh 

Khasiat madu dan kayu manis sebagai penguat sistem kekebalan tubuh, mengobati capek karena kerja rutinitas, Kombinasi madu dan kayu manis juga bagus untuk kedinginan dan influenza.

2. Sakit Gigi

Resep pengobatan herbal untuk sakit gigi adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit. Pemakaian ramuan herbal ini dapat dilakukan 3-4 kali sehari setiap hari sampai gigi berhenti sakit. Campuran keduanya juga dapat merawat gigi dalam mengatasi nafas tak sedap dan digunakan sebagai pasta gigi.

3. Demam

Untuk pengobatan demam biasa atau tinggi bisa mengkonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan madu dengan ¼ sendok makan bubuk kayu manis tiga kali sehari. Jika dilakukan dengan teratur, akan menyembuhkan demam, batuk kronis dan melegakan sinus.


4. Jerawat 

Dengan mencampurkan 3 sendok makan madu dengan satu bubuk kayu manis menjadi suatu krim kemudian dioleskan pada jerawat sebelum tidur dan membasuhnya esok hari dengan air hangat, dilakukan setiap hari selama 2 minggu, dapat menghilangkan jerawat sampai keakarnya.

5. Menurunkan Berat Badan

Panaskan dalam secangkir air beberapat sendok madu dan bubuk kayu manis dan konsumsi secara teratur setiap hari ini dapat membantu menurunkan berat badan dan baik juga untuk penderita obesitas. Larutan madu dan kayu manis ini jika diminum teratur akan mencegah lemak untuk berakumulasi dalam tubuh walaupun Anda makan makanan berkalori tinggi.

6. Mengobati Flu atau Pilek.  

Dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis diminum setelah dilarutkan pada air hangat setiap hari selama 3 hari dapat menyembuhkan hampir semua batuk, flu dan pilek kronis serta membersihkan sinus

Dan masih banyak yang lain khasiat dari campuran madu dan kayu manis ini seperti, untuk penyakit jantung, radang sendi, rambut rontok, infeksi kandung kemih, menurunkan kadar kolesterol dan lain-lain.

Share this post :

+ komentar + 1 komentar

29 Juli 2011 pukul 11.29

Infonya bagus bagus. bolehkah saya copy beberapa artikelmu ? Atau saya akan posting ke blog saya

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger